Ini Alasan Kapolri Urung Lantik Brigjen Erizman Jadi Kadivkum Polri

dc26455f-33e2-4757-8070-8b908adca1a3_1691

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan soal Brigjen Raja Erizman yang dipromosikan jadi Kepala Divisi Hukum Polri. Erizman sendiri pernah tersangkut kasus Gayus Tambunan.

“Karena pejabat yang lama Pak Setyo Wasisto lagi di Hawaii. Jadi nanti kalau kembali saya akan lantik sendiri di ruangan saya,” kata Tito usai acara.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian urung melantik Brigjen Raja Erizman sebagai Kepala Divisi Hukum Polri hari ini. Alasannya Kadivkum yang lama Irjen Setyo Wasisto sedang ada tugas di Hawaii.

“Pak Setya Wasisto lagi mengikuti konferensi di Hawaii. Ini pun kan saya mintanya Rabu. Dia pulang kalau enggak salah akhir minggu ini,” sambungnya.

Menurut Tito, siang ini dirinya juga akan bertolak ke Thailand untuk menghadiri acara konferensi kepala kepolisian di Thailand yang sekaligus ulang tahun Kepolisian Thailand.

“Setelah itu ke Singapura undangan dari almamater saya. Sehingga Kadivkum kita tunda hingga minggu depan, tapi tempatnya mungkin di ruangan saya saja,” urainya.

Pantauan di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2016), Brigjen Erizman awalnya sudah mengikuti gladi resik. Namun, ia kemudian tampak keluar barisan.

Khusus, Kapolri Lantik Kadivkum yang Baru di Ruang Kerjanya | PT. Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

Dia dituding oleh mantan Kabareskrim, Komjen Pol Susno Duaji sebagai orang yang diduga menerima aliran dana dari Gayus Tambunan. Akhirnya Raja Erizman harus menjalani sidang etik di Divisi Propam Polri dan dinyatakan bersalah dalam kasus pembukaan blokir rekening Gayus tersebut. Erizman diputuskan harus meminta maaf kepada institusi Polri.

Ada yang berbeda dalam pelantikan sejumlah pejabat utama di Mabes Polri hari ini, Rabu (12/10/2016). Dalam siaran pers yang diterima, rencananya Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga akan melantik Brigjen Pol Raja Erizman sebagai Kadivkum Polri. Namun, ia tak tampak di deretan pejabat yang akan dilantik di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan.

Sabtunya, saya ke Singapura undangan dari almamater saya. Jadi Kadivkum pejabat lamanya masih di Hawai kami tunda mungkin (pelantikan) minggu depan di ruangan saya,” tukasnya. Sebagai informasi, Raja Erizman pernah tersandung kasus makelar pajak kala dia menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pejabat lama yang mengisi jabatan Kadivkum Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto tengah berada di Hawai. Sehingga, Brigjen Pol Raja Erizman akan dilantik khusus oleh Tito.

. Sehingga, pekan depan setelah kepulangan Setyo, Raja Erizman baru akan dilantik oleh Tito secara pribadi di ruangannya. “Sedang mengikuti konferensi di Hawai. Dia pulang kalau enggak salah akhir minggu ini. Nanti siang saya berangkat ke Thailand karena ada konferensi para polisi di Thailand.

“Kadivkum karena pejabat lama, Setyo Wasisto lagi di Hawai, jadi nanti kalau kembali nanti saya lantik sendiri mungkin di ruangan saya,” kata Tito usai pelantikan. Tito menjelaskan, Setyo Wasisto ke Hawai untuk mengikuti konferensi. Namun, mantan Kepala BNPT ini tidak menjelaskan konferensi apa yang diikuti oleh Setyo.

Kapolri Tunda Pelantikan Kadiv Hukum Polri Brigjen Raja Erizman | PT. Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

Menurut Tito, pelantikan Erizman tetap akan dilakukan sambil menunggu Setyo kembali ke Tanah Air. “Jadi nanti kalau kembali saya akan lantik sendiri di ruangan saya,” ucap Tito.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (12/10/2016), mantan Direktur II Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri itu sempat mengikuti gladi bersih sebelum upacara pelantikan. Dia ikut berbaris bersama enam perwira tinggi (pati) lainnya yang bersiap serah terima jabatan.

Pelantikan Brigjen Raja Erizman sebagai Kepala Divisi Hukum Polri ditunda oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Sejatinya, pelantikan Erizman dilakukan pagi ini di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai upacara Sertijab mengatakan penundaan pelantikan Erizman sebagai Kadivkum Polri dikarenakan pejabat lamanya yaitu Irjen Setyo Wasisto masih berdinas di luar negeri.

“(Sertijab) ini pun kan saya mintanya Rabu. Dia (Setyo) pulang kalau enggak salah akhir minggu ini,” kata Tito di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Rifan Financindo

Leave a comment